Obrolan Bersama Guru

image

Sore ini hujan turun cukup lebat membasahi Malang. Hal ini menyebabkan aku dan teman-teman PPL tidak bisa pulang dari SMKN 12. Akhirnya setelah sholat ashar aku dan pak puguh duduk-duduk di ruang tatib bersama beberapa guru.
“Aku judeg pol ambek seng jenenge H, arek iku g munggah tapi kelakuane g berubah” kata slah seorang bapak guru yang aku tak tahu namanya. Si H ini adalah murid kelas X putri dan tidak naik gara-gara banyak kasus berat. Obrolan berlanjut dengan banyak sekali bahasan, satu hal yang paling saya ingat dari obrolan ini adalah kata-kata dari seorang guru jaringan komputer bernama pak Sigit. Beliau berkata “ketika nanti samean jadi guru, samean akam banyak menemukan kejadian-kejadian yang di luar akal sehat. Samean akan menemukan banyak sekali konflik sosial yang membuat emosi samean diuji. Bagi orang yang lemah, itu adalah pembunuhan karakter. Tapi bagi orang yang mampu survive, itu menyenangkan“.

Benar-benar hari yang menginspirasi

Leave a Reply

