Sikap tak selalu bisa disalahkan (Part 1)

Ketika anda dibiasakan oleh lingkungan untuk tidak mengikutsertakan diri anda di dalam suatu forum yang anda merupakan bagian di dalamnya, maka wajar jika anda merasa tidak perlu untuk terlibat terlalu jauh. Kata terlalu disini sifatnya relatif, jadi ukurannya adalah standar pribadi masing masing orang, sementara forum memiliki arti yang sangat luas dan mewakili berbagai lingkungan seperti organisasi, lingkungan bertetangga, hingga yang paling dekat bisa saja keluarga.

Dalam teori perkembangan peserta didik yang saya pelajari di kuliah terdapat hal yang paling mendasar untuk selalu diingat yaitu “setiap peserta didik adalah pribadi yang unik”. Apapun yang menjadi sifat dan sikap setiap individu dalam masa kini, merupakan hasil pembentukan dari sifat bawaan manusia ditambah dengan bagaimana lingkungannya bertindak kepada dirinya sehingga 2 faktor ini memberikan hasil yaitu tindakan tindakan yang dilakukan oleh individu tersebut sebagai reaksi dari kejadian di lingkungannya. Reaksi yang ditimbulkan bisa sangat beragam, dan dipengaruhi oleh berbagai hal seperti sifat dan kondisi. Reaksi reaksi ini lah yang secara berkesinambungan akan membentuk pribadi pribadi individu yang berbeda atau dengan kata lain unik.

Sebagai contoh sederhana, ketika saya kecil keluarga saya belum sebegiti berada. Saya biasa sarapan hampir setiap hari dengan nasi dan telur rebus. Ketika makan, saya akan menyisakan kuning telur karena rasanya yang lebih enak dan saya tidak ingin memakan putih telur tanpa nasi karena rasanya yang hambar. Hal ini sangat sederhana, mungkin anda berpikiran bahwa hal ini tidak penting. Tetapi perlu kita garis bawahi bahwa hal ini adalah pola pikir anak SD dan belum mampu berpikir rumit. Selama bertahun2 memiliki pola makan seperti ini membuat saya sampai umur ke-22 ini selalu makan telur dengan cara seperti itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s