Mankai : Manga no Sekai, Komunitas Menggambar Manga Malang

Kali ini saya mau mencoba membahas salah satu dari 4 komunitas yang saya ikuti yaitu Manga no Sekai atau disingkat Mankai.

964514_10200443809955108_627255592_o

1. What is Mankai?

Mankai adalah sebuah komunitas menggambar di Malang yang berkiblat ke arah gaya gambar Jepang (manga dibacanya mang-ga). Komunitas ini merupakan komunitas yang dibentuk oleh teman-teman mantan anggota divisi manga J-Zone, sebuah organisasi yang bergerak di bidang pop culture Jepang. Slogan kami adalah “Dance of the Unlimited Color” keren ya? biasa aja? yaudah sih..

Kenapa namanya Mankai a.k.a Manga no Sekai? Manga no Sekai berarti Dunia Manga. Kami berharap teman teman yang tergabung disini menemukan dunia mereka. Well, mungkin hobi menggambar manga itu bukan hobi yang dianggap lazim alias ga banyak orang yang suka dan kalian akan susah menemukan teman yang sama-sama suka menggambar. Jadi disinilah fungsi dari Mankai yaitu sebagai wadah buat kalian agar kalian merasa berada di dunia yang kalian inginkan.

Sementara itu, Mankai artinya mekar sempurna. indah bukan? ada harapan dari diri kita untuk memaksimalkan apa yang kita mampu, apa yang kita suka menjadi sesuatu yang “Mekar dengan sempurna”.

2. What do we do?

Apa aja sih kegiatan temen2 Mankai? Monggo disimak…

– Kumpul Rutin

DSCF0769

Kita kumpul Rutin tiap hari Minggu di Kantin Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Kegiatannya meliputi tutorial bareng, lalu menggambar bareng dengan sistem yang biasa kita sebut Pairing. Apaan tuh?

Pairing (Berpasangan) adalah menggambar dengan saling memberikan permintaan dengan pasangannya. Istilah lainnya mungkin Art Trade. Jadi ketika pairing dimulai akan diberikan sebuah tema utama untuk digambar. Kemudian member mankai dibagi menjadi berpasangan dan saling me-request detail gambar berdasarkan tema umum yang telah ditentukan. Setelah menggambar, semua member akan mempresentasikan gambarnya di depan semua member.

Yang menyenangkan dari suasana kumpul rutin adalah kita menggambar sambil bercanda dan mengobrol. that’s what i’ve always love to do. Bukan hanya menggambar, bukan hanya mengobrol atau bercanda, Tapi keduanya berjalan bersama.

– Pameran Tahunan

ini adalah acara yang telah kita lakukan sejak masih berada di Divisi Manga J-Zone. Jadi tiap tahun kita selalu pameran, 2 tahun ini kita pameran di perpustakaan kota Malang. Nama yang kita pakai selalu menggunakan nama musim seperti Natsu no Iro (warna musim panas) dan Aki no Iro (warna musim gugur).

DSC_0154Tampak depan banner pameran

DSC_0163Suasana pameran dengan pengunjung yang lumayan banyak πŸ˜€

DSC_0190Our first manga compilation πŸ˜€

DSC_0327Foto bareng teman-teman komunitas lain πŸ˜€

– Ngerusuh dan Ngerecokin Acara Jejepangan

Kami ngga pernah lupa untuk menyempatkan diri buat datang ke acara Jejepangan khususnya di Malang bareng loh.. πŸ˜€ biasanya sih kita bikin Stan komunitas disana, tapi beberapa waktu ini ketua kita ngasih perintah untuk bersenang senang n jadi pengunjung πŸ˜€ hahahahahaha

 

DSC_1912Ngerusuh di B-Bunkasia Sma 3 Malang 2013

3. How to Join us?

err.. datang aja kali ya langsung pas hari minggu… aku juga bingung joinnya gimana -________- ato hubungin aku aja lah XD hahahahahaha *dikeplak

Advertisements

19 thoughts on “Mankai : Manga no Sekai, Komunitas Menggambar Manga Malang

  1. Asli, tadi ngebacanya mangga πŸ˜€ hehe
    maklum laper,-

    oya, kalo soal gambar menggambar sih adek yang suka tuh, tp dia juga masih awam dan masih mencari jati diri u,u masih blm tau passion dia ngegambar apa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s