Mission Acomplished : Work before Graduated

Aloha.. Assalamualaikum semuanya.. lama engga update gara-gara terlalu sok sibuk. Jadi kemarin kemarin saya sibuk sekali karena belum terbiasa dengan pekerjaan saya. Iya, saya kerja.. saya sekarang mengajar di sebuah SMK kecil di pinggiran kota Malang. Tepatnya di daerah wagir. Saya memang kuliah di progam studi Pendidikan Teknik Informatika.

IMG_20130914_120358Jadwal Pelajaran

IMG_20130914_120411

There is my name among these teachers’ list

Awalnya ada seorang teman dari komunitas yang saya ikuti meminta tolong untuk mencarikan tenaga pengajar karena di SMK tempatnya mengajar kekurangan guru. Karena saya belum lulus, maka saya mencoba menginformasikan ke teman-teman yang telah lulus tetapi tidak ada yang berminat. Akhirnya teman saya menyuruh saya untuk melamar dirinya pekerjaan sebagai pengajar disana. Jadilah saya melamar dan Ahamdulillah diterima.

Sekolah tempat saya mengajar adalah sebuah sekolah swasta kecil di pelosok. Sebuah sekolah yang bisa dibilang sederhana dan hanya terdiri atas satu kelas tiap tingkatannya. Jadi hanya ada 3 kelas yaitu X TKJ, XI TKJ, dan XII TKJ dengan murid 15-20 per kelasnya. Bangunannya juga sangat sederhana. Sekolah ini hanya memiliki ruang kelas dan ruang lab darurat yang dibuat dari membuka pembatas antara 2 kelas dan mensekat ruangan baru di antara 2 ruangan tersebut. Awal saya tahu sekolahnya, saya sempat pesimis dan meremehkan. Well you always had those first impression about anything.

Awal mengajar rasanya berat sekali. Kurangnya fasilitas yang memadai dan siswa yang tingkatan pengetahuannya di bawah siswa kota yang pernah saya ajar membuat standar materi harus diturunkan dan berbagai penyesuaian lain. 3 hari awal bekerja saya tidak bisa tidur memikirkan ketidaknyamanan ini. Saya merasa ingin segera resign karena tidak betah.Β Semua rasa tidak nyaman, beban pikiran dan sulitnya tidur berlanjut hingga satu minggu mengajar.

IMG_20130914_083613

Suasana pelajaran
IMG_20130917_084147

Pembelajaan di Lab
IMG_20130919_133006

Praktikum dengan menggunakan satu laptop. Keterbatasan ga boleh menghalangi masuknya ilmu

Minggu kedua mengajar, tampaknya saya sudah mulai beradaptasi dengan kondisi ini. Saya mulai kenal dengan guru-guru di SMK ini dan mulai akrab. Rasa jenuh mulai berganti dengan instropeksi diri. Bahwa sebenarnya sekolah ini sangat keren. Kepala Sekolah dari SMK Iskandar Agung, Bapak Drs. Boedie berani memberikan biaya pendidikan yang rendah dan menggratiskan bagi siswa yang kurang mampu. Intinya bagaimana caranya orang kampung sekitar situ mendapatkan pendidikan yang memadai. Selain itu, guru-guru dan kepala sekolah di SMK ini membaur dengan baik dan menyenangkan. Siswa-siswanya juga menyenangkan. Kenakalan siswa pasti ada, dan tidak bisa dihindari. Walaupun dengan sedikit masalah di sana sini, saya menjalani minggu kedua di sekolah ini dengan lebih berbahagia.

Saya mulai nyaman walaupun terkadang ada masalah dalam mengajar. Yeah, we couldn’t ask our life to be always flowing smoothly. Sampai kemarin, saya main ke kontrakan teman kuliah dan bertemu Miftah dan Ika. Mereka teman kuliah yang lebih dulu lulus dan Miftah adalah anggota blogger energy juga. Miftah dan Ika telah mengajar juga sebagai guru honorer di SMK Nasional. Sebuah SMK swasta di daerah kota Malang. Mengobrol bersama mereka memberikan angin segar dan kelegaan karena ternyata sebenarnya problematika mengajar itu akan selalu dialami guru dalam berbagai bentuk. Yang menentukan kesuksesan kita adalah sebaik apa kita menanggapi peluang dan beradaptasi dengan lingkungan.

Kesimpulan dan pelajaran hidup yang bisa saya ambil dari potongan hidup saya kali ini adalah terkadang kita perlu bertahan dalam sebuah kondisi yang tidak nyaman untuk melihat kejutan kejutan tuhan. Karena dengan pandangan dan pola pikir yang terbatas, manusia perlu usaha untuk menebak kehendak tuhan. Saya bahagia dan bersyukur.

30 thoughts on “Mission Acomplished : Work before Graduated

  1. menurut gue sih sama ajah bang siswa kota sama siswa kampung. soalnya kita sama2 di tuntut buat kerja keras. yg siswa kota kita ditunutut buat merka tertarik sama apa yg kita ajarkan karena siswa kota kan pengetahuannya udah lebih maju, kalo kita ngajarnya biasa2 ajah mungkin mreka nggak tertarik sama apa yg kita ajarkan. masih banyak sh bang yg ada di kepala gue soal ajar-mengajar maklum calon guru hahaha πŸ˜€

  2. SELAMAT YAAA UDAH BISA NGAJAR DI SMK πŸ™‚
    SEMOGA MENJADI GURU TELADAN YANG BISA MENCERDASKAN ANAK BANGSA πŸ™‚
    GAUSAH DILIAT DARI GAJINYA ATAU APANYA YAA πŸ™‚ YANG PENTING KEIKHLASAN KAMU NGAJAR KAKAK !!!! πŸ™‚ SEMANGAT BUAT KEHIDUPAN BARUNYAA

  3. Salut. siswa SMK-nya. Walaupun, fasilitas masih kurang memadai. Tetapi, itu nggak menghalangi mereka untuk mendapatkan pendidikan. Seharusnya, yang kayak gini tuh jadi perhatian. Percuma lulusan dari sekolah keren, kalo kurang berbobot. Hehehe.

  4. keren udah bisa nyari duit sendiri, kesimpulannya juga setuju. mau ngajar di kota ataupun daerah pelosok yang penting lu ikhlas membagi ilmu. setiap apa yang kita lakukan pasti akan ada hikmahnya bro πŸ˜€

  5. Wuiihh kerenn bang,,, gue malah pengen jadi guru tapi sayang jurusan gue bukan kependidikan -_-”

    Walaupun muridnya dikit tetap semangat bang,,, motivasi adik2 kita agar gak minder sekolah disitu :”)

  6. Kesimpulan dan pelajaran hidup yang bisa saya ambil dari potongan hidup saya kali ini adalah terkadang kita perlu bertahan dalam sebuah kondisi yang tidak nyaman untuk melihat kejutan kejutan tuhan. Karena dengan pandangan dan pola pikir yang terbatas, manusia perlu usaha untuk menebak kehendak tuhan. Saya bahagia dan bersyukur.

    super sekali, saya jadi mau menulisttg pekerjaan saya juga niiih skrng berkatmu..aku jga baru masuk kerja sebulan di dunia pendidikan juga. Sukses buat kitaaaa!! Semangaaaaaath!!!! πŸ™‚

Leave a Reply

