Kadangkala – Ketika Manusia Beranjak Dewasa

Kadangkala manusia harus belajar untuk menyerah ketika tahu tembok di depannya terlalu tinggi untuk didaki. Ketika tangan dan kakinya terlalu kecil untuk menggapai. Menyerah dengan dewasa sembari berdoa tangan Tuhan menggapainya dan membantunya naik, menyerah setelah berusaha kalau kalau ada tangga yang mampu ia dapatkan. Menyerah dengan dewasa lalu mencari tujuan lain dengan tembok yang memungkinkan untuk dilewati.

Kadangkala manusia harus belajar untuk berhenti ketika jalan didepannya terpotong jurang atau menanjak terlalu tinggi. Berhenti mengejar ketika sadar bahwa bintang bukanlah berada pada ketinggian yang bisa diraih. Bukankah bintang malah tidak pernah berada di bumi?. Berhenti sambil berharap Tuhan datang membawa bintang dan diri mendekat. Berhenti lalu mencari bintang dalam wujud lain yang memungkinkan untuk digapai.

Kadangkala manusia harus beajar untuk menunda. Menunda mimpi-mimpinya untuk mimpi-mimpi orang lain. Menunda beberapa panggilan hati untuk mencerahkan hari orang lain, atau menunda beberapa mimpinya untuk mimpi lain miliknya. Bukankah hidup dan seisi tata surya tak berputar dan berpusat pada dirimu?

Ungkapan-ungkapan indah akan menjadi klise seiring manusia beranjak dewasa. Seiring bertabrakannya mimpimu dengan realita. Menyerah, berhenti dan menunda berbeda dengan berputus asa sebagaimana sikap realistis berbeda dengan pengecut.

Advertisements

19 thoughts on “Kadangkala – Ketika Manusia Beranjak Dewasa

  1. sundul gan hahahaha

    bener juga sih, kalo emang susuah buat menggapai apa yang di cita2kan, mungkn kita harus mencari jalan lain dengan merubah cita2 kita, ehh gitu gak sih. nggak nyerah tapi nyadar diri

  2. lagi galau yah, kadang manusia butuh istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju mimpinya kembali. tsaaah…
    yang penting berusaha yg terbaik aja, apapun hasilnya disukuri aja yaaah!!!!

  3. wuihh..nah, iya bener kayak gini om..
    dan kadang, harus mengorbankan sebagian kebahagiaan dan impian buat orang lain, dan sebagian kebahagiaan lainnya harus bisa tetep didapatkan, gimanapun caranya.. hahaha
    semangat,..berasa lagi galau banget ye…ckckck

  4. tapii, sebelum nyoba buat manjaaat sampai capeeek mau kakinya skecil SNSD, sebelum nyoba pokoknya, jangan nyerah duluaan dooong..sapa tau disodorin tangga…yang pting coba dan berdoa dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s