Dai Daisuki! Japan – Taiyoutopia

1528493_351382731667575_759109009_n

2 Maret 2014. Sebuah tanggal bersejarah bagi kami, manusia manusia muda yang tergabung dalam komunitas berbasis event organizer Japan Culture Daisuki (JCD). Pada hari itu kami menyelenggarakan acara puncak dari roadshow Daisuki! Japan dari tahun 2013 dan sukses meramaikan iklim J-Fest di Jawa Timur. Mengambil nama Dai Daisuki! Japan : Taiyoutopia yang berarti Negeri Matahari Khayalan acara kami adakan dengan modal nekat dan tekad di Dome Universitas Muhammadiyah Malang.

4b

Desain Area dibagi menjadi dua yaitu area outdoor dan indoor. Area outdoor didesain dengan tema Pure Culture yang diisi sekitar 38 stand makanan, merchandise dan Maid Cafe. Sedangkan area indoor didesain bertemakan pop culture area yang diramaikan dengan 24 stand komunitas Jepang, 8 stand Comicamp (studio/komunitas komik dan ilustrasi indie) serta panggung atau main stage. Denah berubah-ubah beberapa kali karena banyak hal, dan akhirnya setelah melalui berbagai perubahan akhirnya hari H semua lancar.

Di JCD, kami selalu dituntut untuk menyuarakan pendapat, mengambil keputusan dan berinovasi. Oleh karena itu di setiap acara kami, kami menawarkan hal baru bagi pengunjung (bahasanya kayak sales). Di Event kami kali ini ada District-C (Cosplay and Costreet Competition), Ara Akazora (Maskot JCD) FanArt Competition, ComiCamp (Penjualan karya ilustrasi indie), dan Tsundere Contest. Sementara lomba-lomba yang telah ada sebelumnya juga tetap ada, seperti J-Dance Cover Competition, dan Community Competition. Di event kali ini juga ada konsep baru dari kami yaitu Quest. Quest adalah konsep baru agar pengunjung bisa saling berinteraksi satu sama lain. Di Quest ini, pengunjung yang datang akan mendapatkan semacam misi untuk diselesaikan seperti dalam game RPG atau anime Fairy Tail. Pengunjung yang berhasil bisa dapet bermacam-macam hadiah.

FEL_0201

antrian panjaaaaaangIMG_8415

Hari yang dinanti-nantikan tiba. Pengunjung sudah memadati area depan dome pada jam 9 pagi, padahal gate indoor baru dibuka jam setengah 11. Kami tidak mengira banyak sekali pengunjung yang akan datang sepagi ini. Ketika akhirnya venue dibuka, antrian mengular hingga jauh. Di satu sisi kami senang karena animo masyarakat terhadap acara kami termasuk besar, tetapi kasihan juga melihat mereka antri lama sekali.

FEL_0356 DSC_0028 FEL_0216

DSC_0028

FEL_0412 FEL_0406

FEL_0379

Acara dibuka dengan penampilan teman-teman yosakoi dari Badai Yosakoi Universitas Brawijaya Malang. Mereka menarikan tarian tradisional Jepang di area outdoor sekaligus menjadi pembuka gate untuk masuk ke area dome. Begitu gate dibuka, pengunjung langsung berbondong-bondong menyerbu area indoor dengan langsung disambut theme song Daisuki! Japan yang berjudul “The Symbol” yang dibawakan dengan keren oleh homeband Daisuki! Japan, Re:Alive.

IMG_8503

Setelah Re:Alive memanaskan suasana acara dilanjutkan dengan J-Dance Cover Competition yang diikuti sekitar 12 tim Dance Cover. Lomba ini adalah lomba yang paling ramai dan ditunggu-tunggu. Tiap kali J-Dance Cover Competition dimulai, penonton yang kemungkinan besar merupakan fans dari idol grup asal Jepang melakukan fanchant yang akrab disebut wotagei. Lomba dilanjutkan dengan Tsundere Contest. Semacam lomba akting tsundere gitu. Buat yang nggak tahu apa itu tsundere, tanya google sana gih :D.

FEL_0308 FEL_0393 DSC_0044 DSC_0185

Lomba lomba dan penampilan bintang tamu silih berganti mengisi waktu. Ada Famiglia Cosplay Community yang menghadirkan aksi drama dari serial animasi (?) Fate, Band Baka Ranger yang menyajikan lagu-lagu rock Jepang dan mengguncang panggung, DJ Vocaloid yaitu AZN01 X Ittou, Otaku dan Akiba Street. Acara ditutup pada jam 9 malam dengan kolaborasi band bintang tamu menyanyikan lagu Jiyuu no Tsubasa dan Pegasus Fantasy. Setelah itu kami semua panitia yang saat itu berada di dalam dome mengucapkan terimakasih kepada semua yang saat itu hadir dan juga bintang tamu. Untuk kenang-kenangan, panitia berfoto bersama seluruh bintang tamu yang hadir saat itu.

1899729_376846405787874_1805041443_o

Ada tawa, tangis, pertemuan dan juga perpisahan yang terjadi dan dibagi dalam acara ini. Ada banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil dari event kali ini. Bahwa kebahagiaan bisa muncul dalam wujud yang sederhana sepeti keberhasilan kita mengukir senyum di wajah orang lain. Bahwa arti dari keluarga bisa meluas menjadi tempat dimana hatimu berada.

“When something become everything, you will realize where your heart belong to”

*this post wrote based on an article made by a friend named Gela for after event publication. i change many part of it but still, she wrote how the event goes*

1982267_10201907703998375_363124785_n IMG_8678 IMG_8524 IMG_8579 IMG_8573 1978349_10201495238773374_867371319_o

Advertisements

14 thoughts on “Dai Daisuki! Japan – Taiyoutopia

  1. wah tak disangka yang datang ke dome bakal sebanyak itu ya mas… , sayangnya di dalam foto itu tak ada foto saya :v , sekali lagi selamat buat para pemenangnya saja … dan sukses buat para panitia yan ada di dome , you are awesome 😀 . sbntr ekspresinya mbak gela ngapain ? :3

  2. sandiiswahyudi says:

    wah blogger Malang. saya juga dari Malang tepatnya Kota Batu. Salam kenal brow. warga BE baru. keren liputan + foto-fotonya. Semoga dengan adanya acara semacam itu, cinta Indonesia akan kebudayaan Indonesia tidak akan pernah luntur. Salam ranger 🙂

  3. whaa bang elu member di komunitas itu yah ?? keren bang keren. Itu acaranya kalian yg jadi panitia beneran bang ? apa cuma sekedar jaga stan doang ?? haha.

  4. keren!! kayaknya udah lama aku nggak bertandang kemari..tapi keren kk aacaranya! bisa menarik banyak animo anak anak muda seperti itu… 😀 sekarang hal hal yang berhubungan dengan jepang emang lagi marak cc 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s