Tentang Internet Positif dan Hamster

Baru baru ini Indonesia, khususnya di dunia maya sedang heboh dengan kabar seputar pemblokiran besar besaran terhadap berbagai konten di internet oleh pemerintah. Sang menkominfo, bapak Tifatul Sembiring sebagai orang yang dianggap paling bertanggung jawab dalam keputusan ini pun akhirnya terkena cercaan dari berbagai pihak atau istilah kerennya terkena cyber bullying.

Banyak pengguna jejaring sosial khususnya twitter dan facebook mencerca Bapak Menteri habis habisan. Beberapa cukup kasar bahkan tak enak dilihat. Pemblokiran yang dilakukan sepertinya memang cukup mencengangkan dan fenomenal. Salah satu kicauan beliau yang paling banyak menuai kritik adalah:

image

Selain berbagai pendapat tentang konten konten di atas yang menuai kritik. Perhatian para tweeps tertuju pada satu kata, “hamster”. Ada apa dengan hewan lucu dan mungil ini? Bagi beberapa orang “baik baik” hamster dalam konteks ini tidak akan berarti apa-apa. Beberapa orang yang sekedar tahu atau malah mungkin pengakses setia dari sebuah situs dengan alamat mengandung kata “hamster” mungkin tidak akan perlu berpikir untuk mengetahui maksud dari kata “hamster” ini.

Hal yang sangat saya sayangkan sebenarnya adalah kegagalan khalayak ramai untuk memahami kebaikan dari program ini dan malah mem-bully pak Tifatul. Banyak diantara orang sekitar saya yang ikut mem-bully sedangkan yang saya tahu sepertinya mereka tahu apa sebenarnya “hamster” yang dimaksud. This is what you call “irony at its finest“. Ada juga seorang teman yang membagikan gambar lucu atau yang ngetren disebut Meme tentang apa salah hamster yang memang tidak tahu menahu soal hamster yang dimaksud dan ternyata orang orang yang berkomentar di foto tersebut (teman-temannya) juga sama tidak pahamnya dengan dia. Ini menunjukkan pula bahwa sebenarnya info dari bapak menteri kurang informatif bagi sebagian orang.

Banyak orang Indonesia memang sepertinya gagal berjiwa besar kalau soal hal yang menurut mereka enak direbut. Sebagaimana kasus penggusuran pemukiman di lahan milik negara, dolly dan lain lain, kasus ini menjadi masalah kemungkinan bagi para pengakses situs situs yang terblokir. Bagi orang yang berada di lingkungan orang orang dan industri kreatif, yang paling menyedihkan adalah yang protes masalah diblokirnya manga justru orang orang yang ingin sekali hak hak.intelektualnya dihargai. Terlepas dari alasan pemblokiran manga adalah karena konten porno nya, yang saya pun tahu jika memang ada, bukankah manga adalah kekayaan intelektual seseorang?. Banyak Orang Indonesia jago sekali kalau diminta berkoar koar tentang apapun seperti ramai ramai membuat Trending Topic di Twitter misalnya, tetapi susah kalau diajak maju. Jika ada hal baik yang dianggap mengganggu kepentingannya, masyarakat Indonesia akan mengatakan “ini dipermasalahkan, yang itu kok enggak?”. Please, langkah maju bisa dilakukan selangkah demi selangkah, bisakah anda tidak merengek seperti bocah?.

Sebagai gambaran agar opini saya terkesan lebih fair. Saya juga adalah pengguna internet yang “dirugikan” oleh aturan ini. Saya juga adalah pengakses cukup aktif dari situs situs penyedia manga/komik. Dan sekarang saya harus mengusahakan hal lain untuk membaca manga. Mungkin kembali ke persewaan komik? Atau malah mencari celah mungkin? Hahahaha. Satu hal.yang mungkin saya masih bingung adalah (sempat) diblokirnya vimeo. Mungkin saya yang nggak paham, tetapi saya cukup sering mengakses situs ini untuk mencari inspirasi kreatif dan saya tidak menemukan adanya inapropriate content. Yah sekali lagi, mungkin saya yang tidak tahu.

Sebagai penutup, saya mengajak semua pembaca untuk berfikir jernih tanpa emosi. Ketika kita berkoar koar tentang buruknya pemerintahan yang korup ini, setidaknya jangan ikut jadi orang yang menghambat ketika hal baik terjadi. Salam damai!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s