Ikatan

Bayangkan kalian sekelas berada di sebuah sisi tanah lapang yang luas. Kalian mendapat perintah untuk berlari menuju ke sisi yang lain dari lapangan tersebut. Barangsiapa yang terakhir sampai di sisi lain lapangan tidak akan lulus dari mata kuliah saya.

Itu adalah sebuah pertanyaan yang dilontarkan salah satu dosen saya di sebuah kuliah di semester 4. Saat itu banyak dari teman teman kelas yang menjawab untuk mencari cara agar semua lulus. Ada yang memberikan jawaban kongkrit seperti berjalan bersama sama menuju sisi lain bebarengan, tetapi banyak juga yang memberikan jawaban klise. Sementara saya?

Saya menjawab kalau saya akan mendorong jatuh orang di samping saya lalu berlari secepatnya.

Jawaban yang egois itu sepertinya membuat anak sekelas saya terkejut. Dosen saat itupun menerangkan bahwa dalam kondisi terdesakpun kita harus memikirkan sekeliling dan mencari win win solution. Saat itu saya pun merasa diri saya salah karena begitu individualis. Sampai saya tiba pada obrolan malam ini.

Malam ini saya menghabiskan beberapa jam sepulang bekerja untuk mendiskusikan sebuah business plan untuk sebuah percobaan usaha seru dan proyek baru. Obrolan ini berubah jadi obrolan intens yang membahas kepribadian orang dan lingkungan. Biasalah, obrolan yang terlalu lama bakal nggelambyar.

Jadi intinya, sebuah pengorbanan itu faktanya nggak kamu dapatkan tanpa ikatan yang cukup. Kenapa saya harus berkorban untuk orang yang bahkan saya tidak merasakan ikatan? Saat itu saya tidak merasakan ikatan apapun dengan teman kuliah memang. Dan saya nggak merasa bahwa pertemanan yang ada itu cukup untuk membuat saya harus mengorbankan kepentingan saya.

Ikatan itu bukan sesuatu yang klise. Bukan sebuah persahabatan yang selalu rajin bilang “aku cinta kalian” lalu ada masalah sungkan sungkanan dan akhirnya jelek-jelekin di belakang. Ikatan itu harusnya nyata. Dan ikatan yang asli itu baru bisa menjadi dasar dari sebuah pengorbanan.

Leave a Reply

